Selamat datang di Situs Resmi Musician Area

SEJARAH BAND INDIE DI INDONESIA.

2komentar



Sebenarnya musisi indonesia banyak mengadopsi budaya barat dalam berkarya,kita juga memiliki banyak ketertinggalan dalam bidang ekonomi dibanding dengan negara-negara maju.akhirnya,musik kelas bawah di utara bumi,diadaptasi oleh kelas menengah di indonesia,Karena kelas menengah memiliki kesempatan lebih untuk menintip perkembangan dunia musik luar negri ketika itu.
Tak heran  Presiden Soekarno pernah memenjarakan band Koes Ploes,karena musiknya dituduh identik dengan budaya kapitalisme internasional.Koes Ploes juga tidak salah jika mengadaptasi musik yang menurut mereka mengekspresikan kebebasan.
Perkembangan musik di bumi bagian utara melaju cepat pada tahun 70an,memacu juga perkembangan musik tanah air.Good Bless,Gang Pegangsaan,Guruh Gipsy,Giant step,The Rollies,dll adalah sederet nama yang bisa disebut sebagai peletak fondasi musik indonesia pada masa kontemporer,mereka juga mempopulerkan semangat kemerdekaan(bava indie),dalam berkarya.pada saat itu belum ada menejemen muik yang cukup bagus,tapi dengan pengalaman seadanya,mereka mulai membangun jaringan,hal itu dilakukan guna meluaskan musik mereka,
pada periode tahun 90an,musik underground di indonesia berkembang pesat,booming alpetura dan metalica,menginfluence anak muda indonesia.berhadapan dengan industri mainstream yang di dominasi oleh rock melayu,artis wanita ,dll,maka jalur underground lah yang dipilih.
budaya underground semakin meluas,dibangunlah scene-scene musik alternative,dimasa itu.
kota-kota besar pun menjadi tempat berkembangnya komunitas musik underground pada masa itu,
musik metal pun menjadi suguhan alternatif.Selain itu,sudah banyak band yang berani berekspresi dengan menempatkan isu-isu politik dalam lirik-lirik nya.
ada sekian banyak album,termasuk album-album kompilasi yang diliris bersama oleh band-band di jaman itu.panggung-panggung kecil pun sering digelar di kafe-kafe,hal ini selaras dengan pembangunan industri para kaum muda,seperti clothing dan distro.
Istilah Indie ,baru populer di pertengahan yahun 90an,pada saat itu undergroun digantikanl dengan istilah indie,mungkin istilah underground terlalu identik dengan lagu metal,mkaa istilah indie berkesan agak modern.
Pure Saturday ,menjadi pionir band-band dengan aliran selain metal dan membuat album rekaman sendiri.gup band ini mencetak album pertamanya pada tahun 1995,dengan tajuk "Not A Pup E.P".kesuksesan mencatat album ini,lantas diikuti oleh sderet band lainnya,seperti, Waiting Room,Pestol Aer,Toilet Sound,dll.
Selanjutnya Booming indie semakin menjadi ,setelah MOCCA ( band swing pop asal bandung) sukses menembus angka di atas 100.000 copy dalam penjualan kaset mereka.keberhasilan Mocca,turut berdampak pada perkembangan band indie.
Beberapa Band seperti THE S.I.G.I.T,The upstairs,The brandals,Bangku Taman,White shoes,Efek Rumah Kaca,The adams,Goodnight Electric,dll.mendapatkan tempat dihati para penikmat musik.Terakhir delapan albun rilisan dan label indie,masuk dalam jajaran 20 album terbaik versi majalah Rolling Stones tahun 2008.ini membuktikan bahwa kualitas band-band indie indonesia sangat baik.

heheheh,sekian dulu deh pengatahuan tentang sejarah band Indie-nya,band indie indonesia ga kalah bagus kan dengan band-band besar lainnya?hehee, JAYA TERUS BAND INDIE INDONESIA.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

9 November 2013 22.59

oooo. Cukup bagus juga info nya. Perlu diketahui orang-orang muda sebagai inspirasi dan motivasi. Karena hari ini akan menjadi sejarah di masa yang akan datang, maka kami pun perlu ikut membantu orang-orang muda untuk bisa berkarya dalam bidang musik, untuk ikut memperkaya sejarah musik kita kelak.

20 Juni 2015 20.30

Muantap master... Mampir juga ke http://cepithea.blogspot.com ya

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. MUSICIAN AREA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Lupus Web